Lowongan Kerja

Informasi lowongan kerja terpercaya dan terupdate di Indnesia.

Tips Lolos Psikotes Dengan Mudah Yang Belum Orang Ketahui

Tips lolos psikotes dengan mudah yang belum banyak orang ketahui  – kali ini admin akan mebahas tetang psikotes, test ini mungki pernah anda alami pada saat melamar suatu pekerjaan di perusahaan. Dalam test tulis ini ada akan diberi banyak sekali soal – soal tetang angka Test logika aritmatika, Test logika penalaran, Analog verbal test dan masih banyak lagi. Pada saat itu mungki anda akan merasa sangat pusing dan merasa tertekan oleh banyaknya soal yang diberikat dengan waktu yang relatif singkat.

Tapi dalam hal ini anda harus tetap tenang  dan teliti  karena itu hal terbaik yang bisa anda lakukan agar anda bisa menyelesaikan semua soal tersebut dengan tepat. Jika anda melihat sekeliling anda, pasti anda akan melihat bahwa bukan hanya anda yang sedang kebingunga,semua peserta pasti juga kebingunga dan tertekan. Apalagi jika anda atau orang di sekeliling anda baru pertama kali mengikuti test ini, pasti mereka akan mengerjakan test ini dengan sangat tergesa – gesa sehingga jawaban merekan bisa – bisa menjadi tidak benar.

Maka dari itu bukan kecepatan yang dibutuhkan, tapi juga jangan terlalu lambat. Kerjakan soal dengan tenang dan konsentrasi tinggi,  dan juga manfaatkan waktu sebaik mungkin.  Jadi intinya sebaiknya kerjakan soal sesuai dengan waktu yang diberikan, jika ada sisa waktu sebaiknya gunakan untuk mengkoreksi jawaban anda sebelumnya.

Selain itu anda harus mempelajari hal – hal penting dalam psikotest, sehingga anda bisa mengetahui dulu soal yang akan anda hadapi nanti. Dengan begitu anda akan lebih cepat dalam menyelesaikan semua soal yang diberikan kepada anda.  Jadi sebaiknya baca dengan sungguh – sungguh penjelasan di bawah ini tetang psikotest.

 

Tips lolos psikotes dengan mudah

•    Test Logika Aritmatika
Dalam tes ini soal – soal yang ada biasanya terdiri dari deretan angka – angka. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anda dalam memahami pola – pola atau kecenderungan tertentu yang diwujudkan dalam bentuk deret angka.

 Dalam mengerjakan soal ini tipsnya adalah jangan sampai anda hanya terpaku pada hitungan deret matematikanya yag berada di depan saja, misal deret ke 1 dan ke 2. Karena pada soal deret angka ada banyak macam, mulai hanya berupa urutan, pengelompokan berurutan atau pengelompokan loncat. Jadi sebaiknya pahami dengan teliti di seluruh deretan angkanya.
psikotes Test Logika Aritmatika

psikotes Test Logika Aritmatika


•    Test Logika Penalaran
Dalam test ini soal – soal yang diberikan adalah tetang deret gambar baik berupa gambar 2 demensi atau 3 demensi. Dalam test ini akan mengukur kemampuan anda dalam memahami pola – pola tertentu dalam wujud sebuah gambar yang selanjutnya melakukan prediksi dengan berdasarkan pola anda,

Dalam test ini, yang harus anda perhatikan adalah anda harus selalu konsentrasi dan teliti karena bentuk – bentuk gambar yangdiberikan dalam soal ini hampir serupa tapi sebernarnya tidak sama.

psikotes Test Logika Penalaran

•    Analog Verbal Test
Dalam test ini biasanya terdiri dari 40 soal yang mengandung soal – soal sinonim, antonim dan analog suatu kata.  Yang ingin diukur di test ini yaitu kemampuan anda dalam logika suatu kondisi dalam melihat sejauh sejauh mana anda bisa memahami sebab dan akibat suatu permasalahan.

Jika anda mempunyai masalah dengan logika dan konsentrasi , anda bisa dengan menghafal soal dan jawabannya. Sebab rata – rata soal yang diberikan dalam test ini sama.

psikotes Analog Verbal Test

•    Kraeplien atau Pauli
Dalam test ini, soal –soal terdiri dari gugusan angka yang tersusun membujur yaitu keatas bawah yang berbentuk lajur. Anda akan disuruh untuk menjumlah kedua angka yang berdekatan jaraknya, jawaban akan anda tulis disampingnya. Tujuan dalam test ini yaitu untuk mengetahui ketahanan, konsistensi, kemapuan penyesuaian diri, sikap saat tertekan, kecepatan dan juga ketelitian.

Pada saat mengerjakan  soal dalam test ini adalah, pesiapkan alat tulis anda, jangan sampai pulpan anda macet di tengah soal, kalau perlu bawa pulpen double. Lalu jangan terlalu memaksakan saat mejawab di awal –awal soal. Tapi isilah dengan stabil di setiap kolomnya sehingga anda akan terlihat sebagai orang yang mempunyai daya tahan tubuh dan sikap yag baik.

psikotes Kraeplien atau Pauli

•    Warteg Test
Dalam test ini soal yang akan diberikan adalah sebuah gambar yang terdapat 8 kotak yang berisi gambar kurva, titik, garis sejajar, dua garis memotong, kotak, dua garis terpisah dan garis melengkung. Nantinya aanda akan diminta menggambar dan juga menulis urutan gambar yang sudah anda buat. Setelah itu anda akan disuruh menulis gambar mana yang paling anda sukai, sulit dan yang mana yang mudah bagi anda. Dalam test ini berguna untuk mengetahui intelektual, imajinasi, emosi dan aktifitas subjek.

Pasa saat mengerjakan test ini sebaiknya anda jangan menggambar sesuai nomer urut yaitu 1,2,3,4,5,6,7 dan 8, karena nanti anda akan dipandang  sebagai seorang yang mempunyai sikap yang kaku. Apabila anda menggambar dengan urutan 5,7,6,8,3,2,4,1 maka anda akan di anggap sebagai orang yang terlalu kreatif. Jadi yang paling terpat adalah 1,2,3,4,8,7,6 lalu 5.

psikotes Warteg Test

•    Draw A Man Test
Dalam test ini anda akan diminta untuk menggambar seseorang  setelah itu anda akan disuruh mendeskripsikan jenis kelamin , usia dan aktifitas yang dilakukan orang tersebut. Dalam test ini bertujuan untuk mengetahui sikap keprcayaan diri, tanggung jawab, ketahanan kerja dan kesetabilan yang ada pada diri anda.

Yang perlu diperhatikan daam test ini adalah gambarlah orang yang anda terlihat utuh atau lengkap. Yaitu ujung kepala sampai kaki, dan juga detail mata, hidung, mulut, telinga, dll.

psikotes Draw A Man Test

•    Army Alpha Intelegence Test
Dalam test ini biasanya terdiri dari 12 soal yang dialamnya berisi konbinasi deret angka dan deret bentuk. Tujuan test ini adalah untuk mengetahui daya tangkap anda saat menerima dan juga melaksanakan instrusi  dengan tepat dan cepat.

Hal yang harus diperhatikan adalah konsetrasilah yang benar agar anda dapat mendengar semua instruksi  yang diucapkan oleh narator. Jangan tergesa – gesa saat menjawabnya sebelum narator selesai memberikan perintah.

psikotes Army Alpha Intelegence Test

•    Menggambar Pohon
Dalam test ini anda akan diminta untuk menggambar pohon yang mempunyai kriteria bercabang , berbuah dan berkambium. Sehingga anda tidak akan diperbolehkan menggambar pohon rumput, pisang , semak ,dll.

Yang perlu anda perhatikan adalah walaupun anda tidak bisa menggambar dengan baik yang penting gambar anda terlihat detail dan rinci seperti daun , batang, ranting dan akar pohon.

psikotes Menggambar Pohon

•    Edwards PersonalPreference Scedule (EPPS)
Dalam test ini jawaban – jawaban yang ada  adalah jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tujuan dari test ini adalah untuk mengetahui  motif,motifasi dan kebutuhan seseorang.

Yang harus diperhatikan adalah anda harus menjawab setiap pertanyaan dengan jujur seperti keadaan diri anda karena di setiap petanyaan akan berkaitan satu sama lain sehingga jika anda tidak jujur di salah satu soal maka hasil dari jawaban anda tidak akan sinkron.

psikotes Edwards PersonalPreference Scedule (EPPS)

Oke mungkin cukup sekiang mengenai  psikotest, semoga bermanfaat bagi anda. Jangan lupa pelajari trik – trik dalam test masuk kerja lainnya seperti cara mudah menghadapi test wawancara dan persiapan agar lulus dengan mudah dalam test kesehatan. Mungkin itu beberapa test yang akan anda lalui ketika anda akan masuk menjadi karyawan di suatu perusahaan. Terimakasih atas kunjungannya .

Enter your email address: